RSS Feed
Tes Calon Web Anda Tanpa www, lalu klik CEK

Cek Nama Domain ?

DAFTAR WEBSITE SEMENTARA
MY QUIZZES

SIKERJABEKASIKOTA.GO.ID

SIAGA PENDIS KOTA BEKASI

MY FACEBOOK
PENGUNJUNG


widgeo.net
MY KAHOOT

MY SLIDESHARE

PAKIS KOTA BEKASI

TUTORIAL WEB MATIC
Visitor

Selamat Datang!
image

Drs. HM. YUNUS, M.Pd.I

No.HP: 08161397930, WA:081314609933


d/a: KANTOR DINAS PENDIDIKAN LT.2 KOTA BEKASI JAWA-BARAT
WHATSAPP WEB

SI JAMPANG BEKASI KOTA

AKREDITASI LOGIN

Al-Quran 30 Juz On-Line
KUMPULAN DOA-DOA
@GMAIL.COM

GAMBAR ANIMASI

MY YAHOO

WALIMATUS SYAFAR

image

Sabtu, 24 September 2012

di Masjid Babul Ilmi SMP Negeri 13 Bekasi, oleh 

Drs. HM. Yunus

Assalamu’alaikum WR. WB.

إِنَّ أَوَّلَ بَيۡتٍ۬ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكً۬ا وَهُدً۬ى لِّلۡعَـٰلَمِينَ (  ٩٦  ) فِيهِ ءَايَـٰتُۢ بَيِّنَـٰتٌ۬ مَّقَامُ إِبۡرَٲهِيمَ‌ۖ وَمَن دَخَلَهُ   ۥ كَانَ ءَامِنً۬ا‌ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلۡبَيۡتِ مَنِ ٱسۡتَطَاعَ إِلَيۡهِ سَبِيلاً۬‌ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلۡعَـٰلَمِينَ (  ٩٧  )

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk [tempat beribadat] manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah [Mekah] yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia[3]. (96) Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, [di antaranya] maqam Ibrahim; [4] barangsiapa memasukinya [Baitullah itu] menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu [bagi] orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; [5] Barangsiapa mengingkari [kewajiban haji], maka sesungguhnya Allah Maha Kaya [tidak memerlukan sesuatu] dari semesta alam. (97)

     Ibadah Haji pada tahun ini segera ditunaikan kembali oleh kaum muslimin sedunia. Sekitar 3 sampai 4 juta kaum muslimin dari berbagai latar belakang, bangsa dan warna kulit akan berkumpul di Makkah, Arafah, Muzdalifah, Mina dan Madinah guna menunaikan Rukun Islam yang ke lima. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menunaikan ibadah haji untuk yg ke dua, ke tiga dan kesekian kalinya. Hal ini karena ibadah haji memiliki kenikmatan tersendiri yang sulit dibahasakan dengan kata-kata. Ada banyak sekali nuansa ibadah pada pelaksanaan ibadah haji, bahkan nuansanya merupakan perpaduan dari nuansa-nuansa yang ada pada ibadah-ibadah lainnya di dalam Islam, itu pula sebabnya mengapa haji ini hanya diwajibkan sekali dalam seumur hidup. Karena kesannya bisa dirasakan dan harus dapat dirasakan seumur hidup, dan dengan sebab itu pula, ibadah haji seringkali disebut juga dengan PUNCAK PENGALAMAN ROHANI SEORANG MUSLIM.

     Sebelum keberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia pada umumnya, melakukan “walimatussyafar”. Walaupin Sampai saat ini para ulama masih belum menemukan dalil yang secara langsung menyunnahkan kita mengadakan acara ritual khusus yang disebut sebagai walimatus-safar, baik di dalam Al-Quran maupun di dalam hadits nabi SAW.

Adapun praktek mengundang tetangga atau kerabat menjelang kepergian dilakukan, mungkin lebih dimotivasi karena ingin melakukan perpisahan sambil melakukan penyampaian washiat. Sebab melakukan perpisahan dan berwashiat menjelang safar memang bagian dari hal yang dianjurkan.

Dan juga mendapati adanya anjuran untuk melakukan shalat sunnah safar dua rakaat sebelum keberangkatan. Dan dianjurkan setelah membaca Al-Fatihah untuk membaca surat Al-Kafirun di rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas di rakaat kedua.

Selebihnya yang kita dapati dalilnya justru penyambutan ketika seseorang kembali dari haji. Di mana para ulama mengatakan dianjurkan untuk memberikan ucapan doa dan selamat kepada yang bersangkutan.

Aisyah berkata bahwa Zaid bin Haritsah tiba di Madinah sedangkan Rasulullah SAW sedang ada di rumahku. Maka beliau mendatanginya dan mengetuk pintu, lalu beliau menghampirinya, menarik bajunya, memeluknya dan menciumnya.

Juga boleh diucapkan selamat atau doa kepadanya seperti lafadz berikut:

تقبل الله حجك وغفر ذنبك وأخلف نفقتك

Semoga Allah mengabulkan haji Anda, mengampuni dosa-dosa Anda serta mengganti nafkah Anda.

Allah SWT mewajibkan atas hambanya untuk menunaikan ibadah haji ke Baitulloh, sebagaimana firmannya qs; Ali Imron ayat 96-97

WALILLAHI ALANNAASI HIJJUL BAITI MANIS TATOA ILAIHI SABILA, WAMANG KAFARO FAINNALLAHA GONIYYUN ANIL A’LAMIIN ( ali imron ; 97)

Rasulullah SAW menegaskan bahwa haji merupakan salah satu rukun islam yg harus dikerjakan bagi setiap muslim. Sebagaimana sabda beliau: BUNIYAL ISLAMU ALA KHOMSIN: SAHADATAN ALLA ILAAHAILLALLAH WA ANNA MUHAMMADARROSULULLOH, WAIQOMUSSOLAATI, WAIITAAUZZAKAATI, WASHOUMU ROMADHOONA, WAAHIJJUL BAITILLAHIL HAROOMI..

Islam dibangun atas lima perkara; bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allaah SWT dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan solat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan menunaikan Haji ke Baitullah.

Ayat Al Quran dan Hadis tersebut merupakan sumber hukum diwajibkannya ibadah Haji bagi seorang muslim yang mampu (kesehatan badan, harta dan keamanan), apabila telah mampu maka gerakan niat untuk melaksanakannya. Karena pada kalimat ”Manistatho’a” atau ”istita’ah” terdapat penekanan agar kita segera mampu untuk melaksanakan ibadah haji.

     Ada banyak makna dan hikmah dari ibadah haji, sekurang-kurangnya ada 6 istilah penting yang terkait dengan ibadah haji.

1. IHRAM (NIAT dan Berpakaian ihrom)

2. wukuf diArafah

3. Ka’bah dan thawaf Ifadhoh

4. Sa’i antara Shafa dan Marwah

5. Melontar Jumroh

6. Tahalul

 

     Kalaulah boleh saya menyimpulkan, ada 4 nuansa ibadah haji yang bila kita fahami secara mendalam akan kita dapati kedalaman nilai yang terkandung di dalamnya.

     Pertama adalah ibadah jasmaniah , hal ini karena haji merupakan ibadah jasmaniah. Yaitu ibadah yang harus dilaksanakan dengan jasmani yang sehat, karena kita akan melaksanakan Thawaf (mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 putaran), Sa’i (perjalanan antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali), melontar Jumroh dll, semua itu memerluka jasmani yang sehat dan kuat tentunya.

     Nuansa kedua dari ibadah haji adalah ibadah rohaniyah , sangat diperlukan rohani yang sehat, karena ibadah haji adalah salah satu ibadah yang mendidik kepada kaum muslimin yang melaksanakannya untuk selalu merasa diawasi dan dekat dengan Allah SWT, bahkan haji merupakan simbol pembinaan kekuatan rohani untuk menghadapi godaan syaithan yang  disimbolkan dengan cara Melontar Jumroh. Disamping itu ibadah haji juga melatih rohani manusia untuk merasakan ”nuansa akhirat” dengan meninggalkan harta dan keluarga, apalagi ketika mengenakan kain ihrom yang merupakan simbol dari kain kafan dan wukuf di Padang Arafah yang merupakan simbol dari berkumpulnya masia kelak di padang Mahsyar dalam pengadilan Allah SWT.

     Nuansa ketiga dari ibadah haji adalah ibadah maaliyah atau harta, Ibadah haji adalah ibadah yang harus mengeluarkan harta. Di samping ongkos naik haji, juga harus menyiapkan dana bagi keluarga yang ditinggalkannya. Ibadah maaliyah ini merupakan didikan yang sangat besar, yaitu ditumbuhkannya semangat berkorban dengan harta untuk di abdikan di jalan Allah SWT.

     Yang keempat adalah nuansa ibadah Aqliyah , hal ini karena dari ibadah haji itulah kaum muslimin digugah pemikirannya agar memiliki wawasan yang luas. Kalau selama ini wawasan berfikirnya tentang Islam hanya sebatas apa yang didapatkan dari lingkungan dan guru ngajinya saja, maka dengan ibadah haji, wawasannya akan menjadi lebih luas lagi. Kalau selama ini kita sulit menerima perbedaan-perbedaan pendapat dikalangan umat Islam, maka ibadah haji mendidiknya untuk melihat perbedaan itu dan menumbuhkan sikap tasamuh (toleran) akan adanya perbedaaan dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam dan itu merupakan suatu kemustian yang tidak bisa dipungkiri.

Di samping itu ibadah haji juga membuka wawasan seorang muslim akan sejarah masa lalu karena memang ibadah haji merupakan napak tilas dari peristiwa-peristiwa masa  lalu, khususnya yang terjadi pada keluarga Nabi Ibrahim AS. Seperti adanya Maqom Ibrohim (tempat berpijaknya Nabi Ibrohim ketika membangun Ka’bah), Do’anya Nabi Ibrohim ketika akan meninggalkan keluarganya di Makkah, Kisah Siti Hajar (istrinya Nabi Ibrohim) ketika mencarikan air untuk anaknya Ismail yang melakukan perjalanan antara Shafa dan Marwah sampai 7 kali, belum lagi gangguan syeithan yang menggoda keluarga Nabi Ibrahim ketika mendapat perintah dari Allah SWT. Untuk mengorbankan anaknya Ismail (melontar dengan kerikil), dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa masa lalu yang kemudian diabadikan dalam pelaksanaan Ibadah Haji (SUBHAANALLAH).

     Demikianlah 4 Nuansa ibadah haji yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan khususnya bagi keluarga yang akan berangkat ke tanah suci Makkah pada tahun ini, dan bermanfaat pula bagi kita semua amin.

     Sebelum saya akhiri, mari kita berdoa dengan kita awali

1. AL FATIHAH UTK MENDEKATKAN DIRI KPD ALLAH SWT

1. ALFATIHAH UNTUK IBU/BAPAK, DAN SAUDARA2X KITA YG AKAN BERANGKAT KETANAH SUCI MEKAH

3. AL FATIHAH UNTUK PARA SUHADA DAN SAUDARA-SAUDARA KITA YANG SEDANG DITIMPA MUSIBAH

Allahumma sholi wa salim ‘ala sayidina Muhammad, wa ‘ala alihi wa ashabihi ajma’ini

Talbiyah Singkat

Labbaykallâhumma labbayk, labbayka lâ syarîka laka labbayk. Innal hamda wanni’mata laka walmulka lasyarîka laka labbayk.

Di sini aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu ya Allah, di sini aku datang wahai Yang Tiada sekutu bagi-Mu. Di sini aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.

Di sini aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu wahai Pemilik perjalanan ruhani.
Di sini aku datang wahai Yang Menyeru ke rumah keselamatan.
Di sini aku datang wahai Yang Mengampuni segala dosa.
Di sini aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu wahai Yang Layak disambut panggilan-Nya.
Wahai Yang Maha Agung dan Maha Mulia,
Di sini aku datang memenuhi panggilan-Mu.
Labbayk, Engkau Yang Mengawali dan Engkau Tempat kembali.
Di sini aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu wahai Yang Memberi kekayaan dan segala kebutuhan

Allahuma ya Robbana… :-(
Ya Allah..............pilihlah kami… Engkau Yang maha mengerti tentang kami..
….
yang tubuhnya kotor penuh dosa, yang hidupnya berselimut aib.. kini berada di hadapanMu…  Ampuni yaa Allah sebusuk apapun masa lalu yang pernah kami lalui .. Ampuni sebanyak apapun dosa-dosa yang melumuri tubuh ini.. Hapuskan yaa Allah sekelam apapun masa lalu kami..

Yaa Allah.. wahai Yang maha Pengampun .. :-(
kami memohon kepadaMu Yaa Allah…
….
….
kami ingin hidup kami berubah, gantikan segala kebusukan kami menjadi kesucian dalam pandanganMu. gantikan segala kegelapan dengan cahayaMu Yaa Allah.. gantikan segala kedzoliman kami menjadi hidayah taufikMu.. gantikan Yaa Allah… Ampuni dan selamatkan ibu bapak kami yaa Allah.. kami mohon Yaa Allah.. Selamatkan ibu bapak kami..

:-(

beri Hidayah dan TaufikMu yaa Allah… jadikan keduanya menjadi orang sholeh sampai akhir hayat.. Jadikan akhir hayatnya khusnul khotimah.. Lapangkan di alam kuburnya, Jadikan ahli surgaMu..
Yaa Allah selamatkan dan ampuni para orang tua kami yaa Allah..
Allahumagh firlana waliwalidaina warkhamhuma kama robbayani sighaara. 3x
Yaa Allah selamatkan keluarga kami Yaa Allah…
Robbana hablana min aswajina wa dzurriyatina kurrata a’yun waj’alna lilmuttaqina imama …
Ampuni Yaa Allah.. para suami yang telah mendzolimi istrinya.. juga ampuni para istri yang selalu mengkhianati keluarganya. Ampuni jikalau kami salah mendidik keluarga dan anak-anak kami Yaa Allah..
Utuhkan kami di dunia mulia.. utuhkan kami di surgaMu Yaa Allah..
Yaa Allah.. Selamatkan anak-anak kami, muliakan akhlaknya .. kuatkan imannya.., berikan Yaa Allah yang lebih baik daripada yang kami dapatkan, jadikan ahli surgaMu mulia Yaa Allah.
Yaa Allah selamatkan kaum muslimin wal muslimat, mukminin wal mukminat, utusan para guru2 kami yaa Allah.. para ulama yang telah menuntun kami mengenalMu .. Yaa Allah tolonglah saudara-saudara kami yang duafa.. berikan kami kemampuan untuk mencukupi, berikan kami rizki yaang halal, berkah dan melimpah Yaa Allah… jadikan ahli sedekah… jadikan hidup kami ahli zuhud..

Yaa Allah tolonglah saudara-saudara kami yang ada dalam kesempitan..berikan kelapangan Yaa Allah… Tolonglah saudara-saudara kami yang sedang ditimpa musibah.... berikan kesabaran dan kekuatan, tolonglah saudara-saudara kami yang difitnah, dihina, dan dizalimi. berikan keteguhan iman Yaa Allah..kekuatan dan kemenangan. Tolonglah Yaa Allah bangsa kami Yaa Allah.. sudah terlalu lama bangsa kami terhina. Bangkiktkanlah umatmu Yaa Allah karuniakanlah para pemimpin yang kau ridhoi, jauhkan dari para pemimpin yang kau murkai..
Allahuma sholi wa salim ‘ala sayidina Muhammad ….
….
….
….
Allahummagfir lil muslimnawal musliamat wal mukminina wal mukminat
alahyaiminhum wal amwat innaka sami’un qoribunmujibuda’wat

:-(
Allahuma hajjan mabrura.. wa sayan maskura.. wa dzanban masfura..
Yaa Allah berikanlah kekuatan saudara kami, ibu Mujiati dan Suami yang akan berangkat ke tanah suci Makkah, Yaa Allah…berikanlah mereka kesabaran, kesehatan, keiklasan dan kemudahan dalam menjalankan perintahMu.
Yaa Allah terimalah hajinya nanti menjadi haji yang mabrur ............. Yaa Allah…Undang keluarga kami Yaa Allah.. undang sahabat-sahabat kami yaa Allah… undang sebanyak-banyaknya hamba-hambaMu..agar dapat melaksanakan ibadah haji.
Allahuma inna as alukal ridhoka wal jannah.. wana’udzubika min sakhotika wannar..

Yaa Allah hanya engkaulah Tempat kami kembali.. hanya engkaulah Yang Maha Tahu sisa umur kami.. berikan kesempatan bagi kami Yaa Allah… untuk mempersembahkan yang terbaik dalam hidup kami. ..
Robbana atina fidunyaa khasanah.. wa fil akhirati khasanah.. wakina adzabannar.. wa adkhilna jannata ma’al abrar.. Yaa Adzim… Yaa Ghofar… Yaa Robbal ‘alamin…
Subhana robbikal robbi izzati amma yaasifuun wa salamun  ‘alal mursalin .. wal hamdulillahirrabbil’alamin..

Mon, 24 Sep 2012 @09:26


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 HM YUNUS · All Rights Reserved